Rabu, 24 Oktober 2012

obyek wisata di Kabupaten Tabanan Bali



Berikut adalah daftar 8 obyek wisata di Kabupaten Tabanan Bali yang menjadi favorit wisatawan domestik. Tentunya masih banyak objek-objek wisata lain di Tabanan yang pantas anda kunjungi.
1.      Tanah Lot: Tanah lot menjadi obyek wisata paling favorit, karena obyek wisata ini sangat ramai dikunjungi setiap harinya. Keistimewaannya adalah pantai berkarang yang sangat indah serta adanya Pura Tanah Lot diatas batu karang di tengah laut menambah keindahan pantai ini.
 

2.      BedugulKebun Raya Bali: Ketika anda mengunjungi Bedugul, yang pertama anda kunjungi adalah Kebun Raya yang merupakan kebun raya pertama buah karya orang Indonesia. Disamping itu anda juga bisa mengunjungi pasar tradisional Candi Kuning
 

3.      Pura Ulun Danu – Danau Beratan: Keindahan Danau Beratan ditambah adanya Pura Ulundanu di tengah danau menjadi pemandangan indah yang perlu anda kunjungi dan abadikan
4.      Alas Kedaton: Alas Kedaton adalah hutan lindung alami yang dihuni ratusan kera dan Kalong yang bergelantungan pada dahan-dahan pohon. Anda bisa berfoto dengan kera dan kalong disini.
5.      Jatiluwih: Desa Jati luwih merupankan areal persawahan bertingkat yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Disini juga sudah terdapat banyak aktifitas wisata seperti rafting, cycling dan trekking yang bisa anda ikuti.
Jati Luwih merupakan salah satu obyek wisata dengan panorama yang sangat indah, sesuai dengan namanya yaitu Jati dan Luwih, dimana Jati berarti Benar-benar dan Luwih berarti Utama, bagus, indah atau sejenisnya.  Dengan variasi panorama sawah berundak-undak dengan latar belakang gunung dengan hutan yang lebat.
Jati Luwih dapat kita tempuh dari kota Denpasar sekitar 48 kilometer arah utara dengan sarana jalan yang cukup bagus melewati beberapa desa di Kabupaten Tabanan.  Jati Luwih dengan udaranya yang sangat sejuk, karena berada pada ketinggian 700 meter dari permukaan air laut.
Jati Luwih sebagai obyek wisata alam telah dikenal sejak jaman colonial Belanda di Bali sekitar tahun 1910 – 1942.   Pemerintah mencanangkan Jati Luwih untuk dijadikan daerah obyek wisata dalam rangka memacu arus kunjungan wisatawan dengan mengembangkan asset yang telah ada berupa keindahan alam dengan kesejukan hawanya, serta hamparan sawah yang berundak-undak yang hanya ada di Bali.  Selain alamnya yang indah Jati Luwih juga menyimpan potensi budaya terutama peristiwa sejarah pembangunan Pura Petali yang berkaitan dengan Kekuasaan Raja Ida Dalem Waturenggong di Kerajaan Gelgel tahun 1460 – 1552.
Fasilitas yang tersedia di Obyek wisata Jati Luwih seperti : tempat parker, toilet, bale bengong, wantilan untuk tempat peritirahatan sementara bagi wisatawan yang berkunjung menikmati keindahan alam.  Disekitar obyek juga telah dibangun restaurant dalam rangka pelayanan makan dan minuman.


Taman Puja Bangsa Margarana terletak di Desa Marga, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan yaitu sebelah barat laut kota denpasar. Jarak tempuh ke lokasi ini dari kota Denpasar kira-kira 27 km dan lebih kurang 70 menit perjalanan dari Bandara Udara Ngurah Rai bila menggunakan kendaraan bermotor.
Taman Puja Bangsa Margarana merupakan satu satu objek wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. di daerah Tabanan. Taman ini merupakan Taman Makam Pahlawan, namun berbeda dengan taman makam pahlawan lain di yang ada di Indonesia yang biasanya jarang dikunjungi kecuali di saat saat tertentu, Taman Puja Bangsa Margarana ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dosmistik maupun manca Negara.
Bagianda yang ingin berkunjung ke Taman Pujaan Bangsasebelum masuk kearea taman sebaiknya ada terlebih dahulu harus membaca petunjuk yang telah terpampang di gapura atau dapat pula meminta petunjuk dari pengelola TPB Margarana. Saat memasuki area taman jangan dalam keadaan tidak suci atau berhalangan.
Taman Puja Bangsa Margarana berada di area seluas 9 hektar dan berkonsep Tri Mandala. Sebelum masuk area taman anda dapat melihat daftar nama- nama pahlawan anggota pasukan Ciung Wanara yang gugur. Tidak jauh dari pintu masuk terdapat Patung Panca Bakti yang menggambarkan persatuan dan kesatuan seluruh rakyat dalam perjuangan kemerdekaan.
Di dalam areal taman berdiri megah Candi Pahlawan Margarana setinggi 17 meter, pada candi tersebut terdapat photo I Gusti Ngurah Rai dan surat balasan beliau kepada Overste Termeulen ( Belanda ) yang terpahat secara berangkai pada lima sisi candi. di belakang candi terdapat 1372 nisan atau tugu para pahlawan yang gugur di medan tempur selama revolusi fisik di Bali.
Pada sisi timur area taman terdapat museum perjuangan Puputan Margarana yang menyimpang berbagai peninggalan dari para pejuang berupa senjata tajam dan api, pakaian para pejuang, peta pertempuran serta alat komunikasi yang dipakai saat perang kemerdekaan. Selain itu terdapat Taman Suci merupakan tempat penyucian diri bagi para pengunjung yang hendak melaksanakan perziarahan/kebaktian.
Taman Puja Bangsa Margarana dibangun pada tahun 1954, delapan tahun setelah peristiwa Puputan Margarana terjadi. Di Taman ini dahulunya adalah tempat pertempuran Pasukan Ciung Wanara yang di pimpin oleh Kol.I Gusti Ngurah Rai berperang melawan Belanda pada tanggal 20 November 1946 dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia , Beliau Gugur di tempat ini dalam usia 29 tahun bersama pasukannya dan seluruh abu jenazah para pahlawan bangsa tersebut dimakamkan di sini. Peristiwa ini dikenal dengan nama Puputan Margarana. Puputan, dalam bahasa Bali, berarti “habis-habisan”, sedangkan Margarana berarti “Pertempuran di Marga”. Jadi bila diartikan mempunyai makna pertempuran habis-habisan sampai titik darah terakhir melawan penjajahan Belanda

7.      Museum Subak: Salah satu obyek wisata pendidikan yang bisa mendidik anak-anak anda yang mengajarkan tentang sistem subak dan peralatan yang digunakan pada areal persawahan di Bali

Museum Subak memang sudah sepatutnya dilestarikan. Museum ini banyak sekali menyimpan aset budaya yang sungguh tak akan ternilai harganya. Maka, sewajarnya jika eksistensi dan keberadaan museum ini dijaga dan dilestarikan dengan segenap kemampuan supaya tak mengalami kepunahan. Museum ini banyak bercerita mengenai kehidupan masyarakat Bali yang terkenal dengan sisitem pertaniannya.

8. Yeh Panas Penatahan (Air Panas Penatahan) merupakan salah satu objek wisata pemandian air panas di Bali yang tidak hanya terkenal dengan air panasnya saja, namun juga dihiasi oleh panorama alam yang sangat indah. Pemandian bernuansa alam di Air Panas Penatahan ini berbeda dengan objek wisata pemandian air panas lainnya yang ada di Bali, karena tidak hanya sebagai tempat pemandian, namun juga merupakan wisata alam, dimana anda dapat memanjakan mata kita dengan menikmati pemandangan pegunungan yang indah dan asri

1 komentar: