Selasa, 23 Oktober 2012

Obyek Wisata di Kabupaten Klungkung

Berkunjung Ke Kertha Gosa dan Taman Gili


..
Pada zaman dahulu, objek wisata Kertha Gosa dan Taman Gili merupakan bagian atau satu kesatuan dengan Puri Semarapura Kerajaan Klungkung yang dibangun sekitar abad ke-17. Dimana di sebelah barat bangunan tersebut terdapat sebuah pintu gerbang yang dikenal dengan nama Pemedal Agung yang merupakan gerbang utama dari Puri Semarapura.

Daya Tarik
Yang menjadi daya tarik dari objek wisata ini yakni karena merupakan bagian dari peninggalan sejarah Kerajaan Klungkung yang banyak meninggalkan dan dicirikan dengan berbagai ornamen ukiran-ukiran yang sangat indah. Selain kekhasan ornamen lukisannya, pada bangunan Kertha Gosa dan Taman Gili ini terdapat pada langit-langit atapnya yang dihiasi dengan berbagai lukisan tradisional yang artistik, yang merupakan gambaran dari filosofis kebudayaan ajaran Hindu.
Taman Gili yang merupakan bangunan  berarsitektur tradisional Bali dibangun dengan beralaskan kura-kura raksasa. Yang menarik adalah adanya deretan patung-patung para dewa yang mencerminkan kebajikan yang berbaris di salah satu sisi Taman Gili, dan disisi lainnya berderet para raksasa yang merupakan cerminan dari keburukan dan keserakahan yang masing-masing pihak berebut untuk mendapatkan Air Kehidupan. Dulunya, Taman Gili sering dijadikan sebagai tempat untuk memotong gigi para anak raja.
Berbeda dengan Taman Gili, Kertha Gosa lebih difungsikan sebagai lokasi pengadilan. Sebabnya, ornamen dan lukisan yang terdapat di langit-langit Kertha Gosa jauh berbeda dengan yang ada di Taman Gili. Lukisan-lukisan di Kertha Gosa lebih didominasi dengan gambaran roh-roh di alam kematian. Dimana masing-masing roh akan diberikan ganjaran yang setimpal ketika mereka hidup, sebagaimana yang tercantum dalam cerita tersohor Bima Swarga.
Sementara Pemedal Agung merupakan jejak yang masih tersisa dari kemegahan Istana Kerajaan Klungkung di masa lalu. Namun sayang, imperialisme Belanda telah pula menghancurkan istana kerajaan tersebut dalam sebuah peperangan yang kemudian dikenal dengan nama Perang Puputan Klungkung yang terjadi pada tahun 1908.
Ke Kertha Gosa dan Taman Gili
Untuk mencapai lokasi ketiga bangunan bersejarah ini, pengunjung harus menuju ke Semarapura yang berjarak kurang lebih 40 km dari Denpasar. Sama sekali bukan pekerjaan sulit untuk menemukan lokasinya karena arealnya strategis dan mudah dijangkau. Perjalanan dari Denpasar paling cuma membutuhkan waktu sekitar 1 jam-an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar