Minggu, 21 Oktober 2012

Butterfly Park



Taman Kupu kupu

 


http://jktcargo.files.wordpress.com/2010/01/kupu_museum.jpg
Taman Kupu-kupu berlokasi di Jalan Batukaru, Banjar Sandan lebah Wanasari Kabupaten Tabanan. Lebih kurang 7 km kearah utara dari pusat kota Tabanan,satu jalur menuju objek wisata alam Jatiluwih.
Taman Kupu-kupu Bali adalah salah satu objek wisata yang populer di Kabupaten Tabanandan merupakan satu satunya yang ada di Nusantara. Di tempat ini dilakukan pengembangbiakan sekaligus penangkaran kupu-kupu guna keperluan ilmu pengetahuan ilmiah maupun pendidikan untuk masa yang akan datang. Berbagai jenis kupu-kupu yang ada di Indonesia terdapat disini, adapun jenis kupu-kupu yang terkenal antara lain; kupu-kupu sayap burung sorga (Ornithoptera Paradisea), Barong, Priamus. Taman kupu kupu ini cukup terkenal bagi wisatawan mancanegara dibandingkan wisatawan domestik, ini disebabkan di negara mereka sudah sukar menemukan kupu-kupu seperti di Indonesia.
Taman Kupu Kupu dikelola oleh PT. Kupu-kupu Taman Lestari. Luas area taman ini 1 Hektar, dengan netting area (ruangan yang tertutup Jaring) 3700 M3. Setiap bulannya Taman Kupu-kupu melepaskan kupu-kupu  minimal 3500 ekor untuk dikembalikan kehabitat aslinya, selain itu juga Taman Kupu-kupu memproduksi aneka kerajinan yang terbuat dari bermacam-macam serangga seperti : Framing Butterfly( Bingkai isi Kupu-2) , Framing Beetle( Bingkai isi kumbang), gantungan kunci yang terbuat dari serangga, selipan pembatas buku, paper weight( penindih kertas) terbuat dari fiber bening berisi kupu-kupu, lukisan dari sayap kupu-kupu, dll.
Pembangunan Taman Kupu Bali direncanakan sejak bulan Oktober 1993 pasca penyelenggaraan Konfrensi Kupu kupu Se Dunia (International Butterfly Confrence) yang diadakan pada tanggal 24 - 27 Agustus 1993 di Ujung Pandang. Dengan pemikiran bahwa sumberdaya hayati berupa kupu kupu yang  melimpah  saat disayangkan bila punah begitu saja. Taman Kupu-kupu dibuka tanggal 17 Desember 1996 yang diresmikan oleh Ibu Asiawati Oka, Ketua Tim PKK Propinsi Bali. 
Jarak tempuh ke lokasi ini kira kira 27 km dari kota Denpasar dan lebih kurang 75 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai Bila menggunakan kendaraan bermotor.
Fasilitas yang terdapat di lokasi Taman Kupu-kupu; area parkir, art shop yang digabung dengan cafetaria dan toilet.
Kekayaan hayati harus dijaga agar tidak punah dan tetap lestari, bila anda datang ke Bali berkunjunglah ke Taman Kupu-kupu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar