Senin, 29 Oktober 2012

Keindahan Danau Batur

Keindahan Danau Batur


danau_batur4Kawasan ini sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap, mulai dari jalan yang lebar dan beraspal, warung makan, hotel hingga art shop-art shop pinggir jalan. Selain itu ada pula pedagang kaki lima yang menjajakan barang kesenian, jasa tato tidak permanen serta kipas-kipas kecil yang cantik.[serli]
danau_batur2Danau Batur berbentuk bulan sabit, sejak dulu juga dimanfaatkan sebagai sumber air pertanian oleh masyarakat sekitar. Lokasinya yang berada di atas 1.000 meter di atas permukaan laut membuat area pertanian sekitar yang mayoritas ditanami sayur mendapatkan kebutuhan air yang cukup. Potensinya yang besar membuat pemanfaatan danau ini dilakukan secara besar-besaran, jika tidak dilakukan dengan bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan di kawasan ini.
danau_batur1Secara geologis, danau Batur terletak di kecamatan Kintamani, kabupaten Bangli Bali. Kawasan ini sudah digunakan untuk tujuan pariwisata dari dulu. Lokasi yang strategis, pemandangan yang bagus serta hawa pegunungan yang khas, membuat danau Batur menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Setiap travel rata-rata memasukan kawasan wisata alam Bangli Bali ini dalam rute tour bersama pura Besakih ataupun Tampak Siring. Hal ini disebabkan oleh lokasi ketiga tempat wisata yang terletak pada satu jalur.
GriyaWisata.Com-Danau batur merupakan salah satu potensi wisata Bali bagian tengah adalah danau Batur. Danau ini mempunyai lokasi yang menakjubkan, berada di kawasan wisata yang terkenal. Di sebelah kiri danau terdapat gunung tertinggi nomer dua di Bali, gunung Batur. Sebelah kanan adalah desa Bali Aga yang fenomenal berkat tradisi unik penguburan mayatnya, desa Trunyan.
Sebelah selatannya tempat wisata yang sangat cocok untuk melihat keindahan alam Bangli Bali dari ketinggian yaitu Penelokan. Sementara sebelah utara adalah hutan alam Bali yang masih asri. Bagaimana tidak terkenal, kawasan ini menjadi salah satu paket wisata alam Bali yang paling terkenal, asri dan sudah tentu menganggumkan.
Danau ini terletak di dalam kaldera gunung Batur. Dengan panjang sekitar 7,5 kilometer, danau Batur merupakan salah satu kaldera gunung yang masih aktif di Bali. Ukurannya paling luas diantara danau lain seperti Beratan, Buyan maupun Tamblingan. Dengan luas sekitar 16 kilometer persegi, bagian terlebar danau adalah sekitar 2,3 kilometer dan keliling 22 kilometer. Danau Batur diperkirakan terjadi sekitar puluhan ribu tahun lalu, yang terbentuk akibat letusan besar gunung Batur.
danau_batur3Untuk mencapai danau Batur, Anda bisa mencapainya dengan dua jalur. Jika Anda berangkat dari bandara, maka Anda bisa melewati Batubulan ke utara langsung menuju Payangan, terus lurus hingga bertemu dengan desa Bayung. Dari desa Bayung Gede, Anda bisa mengambil jalur naik dan akhirnya tembus di sebelah barat danau. Jalur kedua dengan meelwati Ubud, lalu ke Tampak Siri dan akhirnya lurus ke utara. Lewat jalur ini, maka Anda akan tembus tepat di Penelokan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar